Cara Membedakan Jam Tangan Asli dan Imitasi

Jam tangan atau arloji merupakan bagian dari fashion seakan menjadi bagian yang wajib dikenakan bagi sebagian orang. Sehingga Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh produsen jam tangan terkenal untuk meningkatkan produksinya agar semua orang dapat memakai jam tangan. Namun tidak hanya produsen asli yang membuat jam tangan. Sekarang ini, khususnya di Indonesia, jam tangan dari vendor terkenal tersebut diimitasi alias dipalsukan. Tentu ini adalah strategi para penjual agar mendapatkan untung yang berlipat. Kita tahu, daya beli masyarakat Indonesia belum cukup tinggi untuk membeli sebuah jam tangan original atau biasa disebut jam tangan ori. Menghabiskan uang jutaan rupiah hanya untuk membeli jam tangan ori mungkin masih terasa berat bagi kebanyakan orang.
Adanya jam-jam imitasi tersebut tentunya mengundang pro dan kontra. Biasanya yang kontra adalah mereka yang merasa tertipu dengan penjual jam KW. Dia kira sudah mendapatkan jam bagus dengan harga murah, tapi nyatanya itu adalah jam KW. Untuk menghindari hal semacam itu, anda perlu tahu beberapa tips untuk membedakan yang mana jam tangan asli dan mana jam tangan imitasi alias tiruan. Simak tips-tipsnya berikut ini.

Cara Membedakan Jam Tangan Original dan Imitasi

1. Perhatikan Bentuk Fisiknya Jam Tangan Ori VS KW

Cara membedakannya yang pertama adalah dengan melihat secara seksama bentuk fisik dari jam yang akan anda beli. Secara sekilas memang jam tangan ori dan KW hampir tidak ada perbedaan, namun jika dilihat secara seksama akan nampak perbedaanya. Jam tangan asli dibuat dengan mesin canggih yang menghasilkan kualitas fisik yang sempurna. Merk asli akan langsung membuang jam yang memang cacat. Biasanya jam tangan KW baik bentuk maupun tulisan didalamnya tidak sepresisi jam tangan yang asli. Untuk mengetahuinya diperlukan kejelian dan juga ketelitian tinggi. Perhatikan setiap sudut pada jam. Jika terdapat sesuatu yang tidak presisi atau terlihat cacat, bisa dipastikan jam tangan tersebut merupakan produk KW.

2. Perhatikan Detail Logo dan Tulisan

Jam tangan ori atau asli mempunyai logo dan tulisan yang jelas. Sebaliknya jam tangan KW akan terlihat kusam dan warnanya blur. Terkadang logo yang tercantum di jam tangan KW pun berbeda dengan logo aslinya. Misalkan saja jam tangan Swiss Army. Logo Swiss Army yang asli adalah bentuk palang putih (+) di dalam perisai. Namun beberapa jam KW justru menampilkan logo palang putih di dalam jajaran genjang. Hal ini memang agak sedikit sulit untuk dicermati apalagi jika anda tidak pernah membandingkan kedua jam antara yang asli dengan yang KW.

3. Cek Mesin Jam Jam Tangan Ori

Langkah ini mungkin agak sulit dilakukan apalagi jika anda membelinya di toko online. Namun sebagai informasi saja, jam tangan asli akan menampilkan rangkaian mesin yang rapi dan tersusun secara presisi. Berbeda dengan beberapa merk KW. Biasanya mesin jam tangan KW terlihat dipasang seenaknya dan tidak presisi. Ketidakpresisian ini nantinya akan berpengaruh pada kualitas dan juga pada ketepatan dalam menghitung waktu.

4. Cek Nomor Seri dan Tipe Jam Nomor Seri

Jam Tangan Ori Setiap tipe jam tangan dari suatu merk jam tangan pasti memiliki nomor seri. Nomor tersebut biasanya sudah secara resmi dan internasional terdaftar di lembaga terkait. Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengetikan nomor seri jam tangan anda lalu browsing di internet. Jika memang nomor itu terdaftar maka jam tangan anda asli. Sebaliknya jika ada keterangan terdaftar maka jam tangan bisa dikatakan palsu.

5. Harga Jam Tangan Original

Tentu saja harga adalah salah satu faktor penting untuk membedakan jam tangan asli dan KW. Ada pepatah mengatakan bahwa harga tidak pernah berbohong dan hal ini benar adanya. Biasanya, jam tangan KW harganya tidak lebih dari setengah harga dari jam tangan asli. Misalnya saja jam tangan ori merk Swiss Army yang harga aslinya mencapai 3 jutaan, maka yang KW hanya berkisar 500 ribu sampai 1 jutaan. Itupun sudah KW yang bagus. Bahkan untuk KW yang jelek, harganya Cuma 100 – 300 ribuan saja.

Bagi anda yang hanya menggunakan jam tangan sebagai hiasan belaka tanpa melihat nilai dan juga kualitas dari jam tersebut, mungkin hal ini tidak menjadi masalah. Sebab anda akan merasa bangga menggunakan jam tangan original yang memang asli. Lain halnya dengan orang yang selalu menggunakan jam tangan ori dikarenakan prestige atau kebanggan. Harga jam original yang mencapai jutaan rupiah sanggup ditebus demi mendapatkan kepuasan dan juga meningkatnya derajat sosial mereka di mata masyarakat luas. Sesuaikan saja budget yang anda miliki dan tentukan tujuan anda menggunakan jam tangan apakah hanya untuk sekedar memberi tahu anda masalah waktu atau untuk bergaya.